Encapsulation dan Decapsulation pada Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer, khususnya dua buah komputer atau lebih yang saling terkoneksi dan berkomunikasi, terjadi pertukaran paket data di dalamny.Untuk setiap layer pada setiap komputer tersebut, terjadi proses Encapsulation dan Decapsulation untuk paket-paket data tersebut.Encapsulation dapat diartikan sebagai proses pembungkusan paket data, sedangkan Decapsulation dapat diartikan sebagai pembuka bungkusan paket data yang sudah dibungkus.


Mari kita membayangkan jika terdapat sebuah kimputer yang saling koneksi dan berkomunikasi melalui jaringan komputer.Komputer pertama sebagai pengirim paket data dan komputer kedua sebagai penerima data.Kedua komputer ini di dalam jaringan komputer dapat menggunakan pemodelan layer OSI, pemodelan layer TCP/IP versi umum maupun pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan.

Untuk setiap layer (dari atas ke bawah) pada kedua komputer, terdapat empat buah proses.Keempat proses ini dibedakan untuk komputer pengirim dan komputer penerima, masing-masing sebanyak dua proses, yaitu :
  1. Pada komputer pengirim terjadi proses pemecahan paket data menjadi paket yang lebih kecil dengan penamaan yang berbeda sesuai dengan masing-masing layer.Setelah paket dipecah-pecah menjadi potongan yang lebih kecil, juga dilakukan proses pembungkusan paket data yang disebut dengan Encapsulation.
  2. Pada komputer penerima terjadi proses sebaliknya yaitu proses pembukaan bungkusan paket yang diterima dari pengirim Decapsulation dan proses penggabungan kembali pecahan-pecahan paket data menjadi paket data yang utuh.
Perhatikan gambar berikut.Gambar di bawah ini menyajikan ilustrasi sederhana dari penjelasan di atas!

GAMBAR PROSES ENCAPSULATION, DECAPSULATION, PEMECAHAN DAN
PENGGABUNGAN PAKET DATA

Comments