Pemodelan Layer TCP/IP (Versi Forouzan)

Jika kita membandingkan dengan pemodelan layer TCP/IP secara umum,pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan, terdapat penambahan satu layer di lapisan terbawah yaitu Physical Layer.Nilai tambah dari pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan adalah dilibatkannya perangkat fisik (beserta dengan proses di dalamnya dan fungsionalitasnya) sebagai sebuah layer tersendiri bernama Physical Layer dan berada di lapisan terbawah.Hal ini juga membuat pemodelan layer TCP/IP menjadi mirip dengan pemodelan layer OSI tapi lebih ringkas dan padat dibandingkan dengan pemodelan layer OSI, karena hanya memiliki lima buah layer saja di dalamnya.



Kelima buah layer tersebut (dari bawah ke atas) adalah :
  1. Physical Layer
  2. Data Link Layer
  3. Network Layer
  4. Transport Layer
  5. Application Layer

Physical Layer

Physical Layer merupakan layer terbawah pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan.Physical Layer berkaitan erat dengan koneksi wired (berkabel) pada jaringan komputer dan berhubungan dengan fisik dari jaringan komputer, yang mencakup perangkat keras penghubung pada jaringan komputer,sinyal,bit data,transmisi data dalam bentuk analog dan digital, serta media transmisi di dalam jaringan komputer.Pada Physical Layer ini,paket data disebut dengan bit.Physical layer memiliki fungsi dalam jaringan komputer yaitu :
  1. Menjadi media transmisi secara fisik (wired connection/koneksi melalui kabel) pada jaringan komputer, termasuk juga di dalamnya transmisi digital dan analog
  2. Berperan di dalam proses topologi jaringan.Topologi jaringan adalah susunan beberapa jenis topologi jaringan yang ada,antara lain Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Mesh.
  3. Berperan di dalam proses pensinyalan,dalam hal ini mencakup digital dan analog.
  4. Berperan di dalam proses bit data, sinkronisasi bit data, bit rate.
  5. Terkait dengan koneksi wired pada Physical Layer,maka Physical Layer juga berperan di dalam proses pengabelan (misalnya dengan RG45).

Data Link Layer

Data Link Layer pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan memiliki definisi dan fungsionalitas yang sama dengan Data Link Layer (Network Access/Link Layer) pada pemodelan TCP/IP versi umum yang sudah dibahas di postingan sebelumnya. 

Network Layer

Network Layer pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan memiliki definisi dan fungsionalitas yang sama dengan Network Layer pada pemodelan TCP/IP versi umum yang sudah dibahas di postingan sebelumnya.

Transport Layer

Transport Layer pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan memiliki definisi dan fungsionalitas yang sama dengan Transport Layer pada pemodelan TCP/IP versi umum yang sudah dibahas di postingan sebelumnya.

Application Layer

Application Layer pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan memiliki definisi dan fungsionalitas yang sama dengan Application Layer pada pemodelan TCP/IP versi umum yang sudah dibahas di postingan sebelumnya.


Pemodelan Layer TCP/IP versi Forouzan dengan lima buah layer di dalamnya juga mampu membagi alamat (Address) di dalam jaringan komputer ke dalam empat Address utama,yaitu :

  1. Specific Address.Specific Adress mengacu pada alamat spesifik dari suatu Host (komputer) di dalam jaringan komputer yang dapat diakses oleh manusia.Contoh URL yang dimiliki oleh layanan berbasis web.Specific Address dimiliki oleh Application Layer.
  2. Port Address.Port Address berhubungan dengan pengalamatan pada Port, yaitu nomor jalur koneksi yang dibuka dan ditutup sesuai dengan adanya layanan dan aplikasi spesifik yang berjalan di dalamnya.Contoh untuk layanan berbasis web maka akan membuka port nomor 80 secara default.Port Address dimiliki oleh Transport Layer.
  3. Logical Address.Logical Address berhubungan dengan alamat logik dari suatu Host (komputer) di dalam jaringan komputer.Alamat logik ini dibentuk oleh protokol di dalam jaringan komputer berupa sejumlah angka, yang merujuk kepada alamat spesifik komputer bersangkutan.Logical Address dimiliki oleh Network Layer, yang kemudian akan memberikan pengalamatan berbasiskan Internet Protocol, disebut dengan IP Address.
  4. Physical Address.Physical Address merujuk kepada alamat fisik dari perangkat keras di dalam komputer dan jaringan komputer,yang menjadi alamat unik dari setiap komputer di dalam jaringan komputer.Physical Address ini berhubungan dengan Data Link Layer serta pada Physical Layer itu sendiri, sebagai sebuah layer tempat di mana perangkat-perangkat keras tersebut berada.
Uraian mengenai masing-masing layer akan dibahas pada postingan berikutnya.Semoga bermanfaat !

Comments

Post a Comment