Media Penyimpanan Data

Ada banyak media penyimpanan untuk komputer.Berikut adalah media-media penyimpanannya
  1. Disket (Floppy)
  2. Zip Disk dan Drive
  3. Disc (CD/DVD)
  4. SD Card,MMC dan Card Reader
  5. Flash Disk
  6. Hard Disk

DISKET (FLOPPY)

Disket merupakan media penyimpanan luar (eksternal) berbentuk kotak dan biasa disebut dengan istilah floppy.Di dalam kotak disket ini,terdapat media kepingan magnetik berbentuk lingkaran tipis yang merupakaninti floppy.Jenis-jenis floppy terbagi menjadi 3 berdasarkan besar bentuknya yaitu floppy 8 inch,floppy 5 inch dan floppy 3 inch.


Generasi terakhir floppy yang dipakai sampai saat ini yaitu floppy 3 inch.Floppy ini diperkenalkan pertama kali oleh Sony.Disket dibaca dan ditulis dengan menggunakan Floppy Drive(FDD) yang terletak pada CPU.Kapasitas disket tertulis umumnya adalah 1,44 mb,walaupun kapasitas sebenarnya adalah 1,41 mb.


FDD juga ada yang bersifat eksternal,yang biasanya digunakan untuk laptop/notebook.Port yang digunakan dalam FDD eksternal menggunakan port USB sebagai media penghubungnya.


Klik untuk melihat gambar Floppy Drive Eksternal


ZIP DISK DAN DRIVE

Zip disk merupakan media penyimpanan luar (eksternal) yang mempunyai kapasitas yang tidak terlalu besar atau dapat dikatakan di bawah kapasitas  harddisk.Pada awalnya Zip Disk mempunyai kapasitas 100MB kemudian mengalami perkembangan menjadi 250 MB,275 MB ,1 GB dan yang paling terakhir adalah 2GB.



Sebagai media untuk membaca dan menulis zip disk,digunakan Zip Drive.Ukuran zip desk sama besarnya dengan floppy 3 inch,begitu pula dengan ukuran zip drive-nya.Zip drive pun mempunyai media yang dapat digunakan di luar CPU yang disebut dengan Zip Drive Eksternal.

Perkembangan zip ddrive tidak mengalami peningkatan penjualan pada tahun 2000 ke atas.Hal ini disebabkana karena munculnya media penyimpanan luar lainnya yang lebih praktis,diantaranya adalah CD/DVD serta Flash Disk



DISC CD / DVD

Keping CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc) merupakan piringan optik berbentuk bulat yang digunakan untuk menyimpan data yang cukup besar.Ukuran CD mempunyai kapasitas 700 MB tapi hal ini tidak mutlak karena bentuk CD yang bermacam-macam sehingga kapasitasnya juga terpengaruh.

Sedangkan ukuran DVD sama dengan ukuran CD Normal yaitu 120 mm atau ukuran diameter 80 mm,akan tetapi DVD memiliki kapasitas yang lebih tinggi.Saat ini kapasitas DVD mencapai 8GB sekitar 12 kali lipat dari CD biasa.Kapasitas yang sangat besar tersebut dimanfaatkan sebagai media penyimpanan film (movie) yang berdurasi lebih dari 2 jam.



SD CARD,MMC DAN CARD READER

SD Card (Secure Digital Card) merupakan jenis kartu memori yang biasa digunakan untuk kamera digital,handphone dan Iphone dan semacamnya.Ukuran SD Card umumnya 32 mm X 24 mm X 2.1 mm.Dan untuk kapasitas SD card dalam penyimpanan data yaitu 64 MB,128 MB,512 MB dan 1 GB.Tidak menutup kemungkinan ke depannya,ukuran kapasitas SD Card dapat melebihi dari 1 GB atau update menjadi bentuk kartu lain yang sama fungsinya.

Nah bentuk lama dari SD adalah MMC (Multi Media Card) yang ukurannya lebih tipis dari SD.Umumnya MMC digunakan untuk menyimpan data-data multimedia seperti musik,gambar dan video.

Untuk media menulis dan membaca kartu SD atau MMC disebut dengan Card Reader.Port yang digunakan oleh card reader untuk koneksi ke komputer adalah melalui USB.


FLASH DISK

Flash disk merupakan jenis memori yang bisa dihapus dan ditulis kembali secara elektrik.Kelebihan flash disk adalah kepraktisannya dalam menyimpan data.Praktis dalam segi bentuk yang kecil dan mudah dibawa kemana saja dan memiliki kapasitas yang besar.Flash disk ditunjang oleh port USB tanpa media drive sebagai pembacanya dalam koneksi ke komputer.

Kapasitas Flash Disk antara lain 64 MB ,128 MB , 256 MB , 512 MB , 1 GB , 2 GB , 4 GB , 8 GB , 16 GB , 32 GB dan memungkinkan kapasitas yang lebih besar lagi seiring perkembangan teknologi.



HARD DISK

Hard disk mempunyai ukuran kecepatan untuk membaca data yang bervariasi.Kecepatan itu mempunyai satuan RPM(Rotation Per Minute) yaitu kecepatan putar selama satu menit.Semakin besar RPM suatu hard disk,maka semakin cepat pula untuk mengakses data.Kecepatan harddisk tersebut antara 3600 RPM sampai dengan 10000 RPM.

Bentuk Harddisk pada umumnya kotak sebagai media luarnya /casing,sedangkan di dalam berbentuk piringan tebal.Penempatan harddisk yang dilakukan di dalam CPU terintegrasi di dalam casing.Sekarang Harddisk sudah mengalami perkembangan sehingga muncul Harddisk Eksternal yang bisa dipasang diluar CPU.

Sifat harddisk eksternal adalah independen,dalam artian seperti media penyimpanan luar lainnya yang bisa dipasang dan dilepas setiap waktu.Media penghubung (port) yang digunakan dalam harddisk eksternal biasanya menggunakan USB



Nah itulah media penyimpanan yang sering digunakan oleh banyak orang.Sekian pembahasan mengenai media penyimpanan data.Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.Terima Kasih !


Comments

Post a Comment