Cara Membuat Akses Internet Lebih Cepat dengan Command Prompt

Pada postingan kali ini saya akan membahas cara untuk membuat akses internet kita bisa lebih baik dari sebelumnya.Selamat membaca!




Ada beberapa tweaks untuk membuat kita berselancar di internet dengan lebih baik yaitu :

MENGOSONGKAN DNS CACHE

Ketika kita berselancar di Internet ,kita harus mengetahui ISP (Internet Service Provider) yang merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan pada jasa sambungan internet dengan jasa lainnya yang saling berhubungan).Nah ISP ini memiliki DNS (Domain Name System) server sendiri yang berfungsi untuk menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar dalam jaringan komputer.DNS ini menerjemahkan nama situs web menjadi alamat IP berupa informasi dalam bentuk angka,yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan disimpan dalam folder tersembunyi.Kumpulan informasi itu disebut DNS Cache.Inilah yang dapat membebankan browser dan mempengaruhi kecepatan internet.

Cara untuk mengosongkan DNS yang tidak diperlukan yaitu sebagai berikut :
  1. Buka Command Prompt sebagai administrator (Klik Kanan > Run as Administrator)
  2. Ketik perintah ipconfig/flushdns
  3. Tekan tombol Enter
  4. Restart Komputer
  5. Selesai

MENGESET ULANG WINSOCK

Winsock (Windows Socket) mendefinisikan alur untuk mengakses layanan jaringan kita.WinSock adalah sebuah API (Application Programming Interface) yang digunakan untuk mengembangakan aplikasi Windows yang dapat berkomunikasi dengan protokol TCP/IP (Sekelompok protokol yang mengatur komunikasi dalam proses pertukaran data dalam jaringan internet).Kita dapat mengeset ulang Protokol Internet (Internet Protocol/IP) yang akan mengatur  ulang Winsock Catalog untuk meningkatkan kecepatan internet kita.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator
  2. Ketik perintah netsh int ip reset c:\resetlog.txt
  3. Tekan tombol Enter
  4. Restart Komputer
  5. Selesai
Sekian pembahasan mengenai cara membuat koneksi internet lebih cepat dengan Command Prompt.Semoga bermanfaat ! Terima Kasih !

Comments