Software Komputer

Pada kali ini, saya akan membahas tentang pengertian software dan dasar-dasar yang harus dipahami.Selamat membaca!



Untuk mengenali peranan software di dalam komputer maka ada baiknya kita membahas unsur-unsur yang terdapat di dalam komputer.Di dalam sebuah komputer, komputer memiliki 3 unsur yang sangat penting di dalamnya.Antara lain Software, Hardware dan Brainware.Berikut adalah pengertiannya masing-masing :
  1. Software (perangkat lunak) : merupakan kumpulan baris-baris kode instruksi khusus yang dapat dikenali oleh Hardware Komputer, sehingga Hardware tersebut dapat beroperasi sesuai perintah sebagaimana mestinya.
  2. Hardware (perangkat keras) : merupakan semua peralatan fisik yang ada dalam sebuah komputer meliputi keyboard, mouse, CPU, dan lain-lain.
  3. Brainware (perangkat otak) : merupakan manusia atau pengguna itu sendiri yang mengoperasikan komputer untuk melakukan suatu aktifitas tertentu.

Mengenal Software

Seperti pengertian di atas, Software merupakan kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang Hardware, menentukan fungsi Hardware dan menjalankan sistem.Agar komputer dapat membaca, mengingat dan membuat suatu keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir dan menghasilkan keluaran (output) berupa informasi dalam monitor atau dalam bentuk cetakan, komputer harus mampu membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya.Program adalah instruksi dalam bahasa mesin yang dapat dibaca oleh komputer yang dirancang untuk melakukan tujuan tertentu.

Perangkat lunak disebut juga sebgai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.Melalui software/perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Contohnya, coba perhatikan handphone/smartphone anda.Di dalam handphone/smartphone terdapat pula sebuah software yang mengatur segala aktifitas didalamnya.Misalkan, jika kita ingin SMS, maka handphone akan memakai software SMS, begitu juga dengan aktifitas lainnya.

Maka dari itu, software tidak hanya sebatas untuk perangkat komputer saja, tetapi untuk segala macam barang elektronik.Software dapat kita artikan sebgai "jiwa" dari perangkat elektronik.

Mengenal Utility

Utility merupakan suatu program yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan.Utility terbagi atas 2 bagian yaitu internal (bawaan dari sistem operasi), dan eksternal (buatan pihak lain).

Utility Internal adalah program yang sudah ada dalam sistem operasi secara default (standar) yang sudah terinstall saat kita selesai menginstall sistem operasi Windows.Contoh utility nya antara lain Notepad, Wordpad, Calculator, Paint, Sticky Notes, Disk Defragmenter dan lain-lain.

Sedangkan untuk Utility Eksternal, merupakan utility/program yang bukan bawaan dari sistem operasi dan harus kita install terlebih dahulu.Contoh Antivirus (AVG,SMADAV, AVAST), multimedia (Winamp), burning CD (NERO), Kompresi file (WInrar, 7-zip).

Jenis-Jenis Software

Software terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya :
  1. Sistem Operasi
  2. Program Aplikasi & Program Utility
  3. Bahasa Pemrograman
  4. Software Driver
  5. Software Firmware
  6. Software Game
Untuk penjelasannya, akan dibahas di postingan berikutnya.Sekian pembahasan mengenai Software Komputer.Sekian dan terima kasih !

Comments