Jaringan Komputer

Jaringan komputer sudah bukan lagi sesuatu yang baru di masyarakaat karena seiring berkembangnya zaman,hampir semua layanan digital menggunakan jaringan komputer(terutama internet).Hampir setiap orang dapat dengan mudah terkoneksi/tersambung ke internet dan menggunakan fasilitas-fasilitas di dalamnya seperti Facebook,Twitted dan lain-lain.Namun apakah semua orang mengetahui apakah itu jaringan komputer? Teknologi apa saja yang ada dan terus berkembang dalam jaringan komputer?Dan bagaimanakah proses kerja jaringan komputer?Pada kali ini ,saya akan membahas dasar tentang pengertian jaringan komputer agar ke depannya kita dapat lebih mudah mengerti tentang jaringan komputer.Selamat membaca !


PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat saling berkomunikasi  satu sama lain.Perangkat yang dimaksud mencakup semua jenis perangkat komputer antara lain komputer desktop,smartphone,notebook,pc tablet) dan perangkat penghubung seperti router,switch,modem dan hub).

Jadi logikanya jika kita menyebutkan "jaringan komputer" ,akan terdapat minimal 2 buah komputer atau perangkat yang saling terhubung satu sama lain.

SYARAT-SYARAT JARINGAN KOMPUTER

Berdasarkan definisi mengenai jaringan komputer,maka untuk dapat disebut sebagai sebuah jaringan komputer,terdapat 4 syarat yang harus dipenuhi yaitu:
  1. Minimal terdapat 2 buah perangkat/komputer yang saling terhubung.Hubungan ini dapat menggunakan sarana kabel (wired) ataupun nirkabel/tanpa kabel (wireless)
  2. Terdapat pengguna di dalamnya yang berinteraksi dengan pengguna lainnya maupun terhadap layanan dan penyedia layanan.
  3. Terdapat data yang dipertukarakan di dalamnya.Selain data juga terdapat konten (teks,multimedia) maupun informasi (hasil pengolahan data).
  4. Terdapat pemakaian secara bersama-sama (sharing) terhadap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)

SIFAT-SIFAT DASAR JARINGAN KOMPUTER

Setelah mengetahui definisi dasar mengenai jaringan komputer serta keempat syarat utama untuk jaringan komputer,maka selanjutnya kita perlu mengetahui sifat-sifat dasar jaringan komputer.Jaringan komputer memiliki 4 sifat dasar utama yaitu :
  • Scalability
  • Recource Sharing
  • Connectivity
  • Reliability

SCALABILITY

Scalability memiliki arti kemampuan untuk dapat diskalakan.Artinya jaringan komputer itu dapat diskalakan (diukur,disesuaikan) dengan kebutuhan pengguna jaringan komputer.Jaringan komputer dapat berkembang lebih luas,lebih besar tapi dapat juga diperkecil atau disempitkan sesuai dengan kebutuhan dan cakupan pengguna.

Jaringan komputer mampu menghilangkan batas-batas lokasi.Ini berarti bahwa dua buah pengguna (atau lebih) dari jaringan komputer dapat saling terhubung secara digital (online) tanpa terkendala jarak yang jauh secara fisik (berbeda pulau,benua,negara ,dll).Adanya jaringan komputer terutama internet ,menjadikan kita yang hidup pada zaman ini dapat dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia.

RESOURCE SHARING

Recource Sharing diartikan sebagai berbagi sumber daya.Dalam hal ini berarti bahwa jaringan komputer dapat digunakan untuk saling berbagi dan memakai secara bersama-sama segala sumber daya yang ada.Sumber daya meliputi seluruh perangkat keras komputer,dan perangkat lunak komputer.Contoh,di dalam sebuah ruangan kantor ada banyak terdapat komputer ,dan semua komputer membutuhkan printer (mesin cetak) untuk memaksimalkan pekerjaan,logikanya berarti tiap komputer harus memiliki satu buah masing-masing printer bukan ?Akan tetapi dengan adanya jaringan komputer yang biasa disebut LAN (Local Area Network) ,maka di dalam satu ruangan tersebut hanya cuku disediakan 1 buah printer saja untuk kemudian dibagikan (sharing) ke dalam jaringan lokal tersebut (LAN) sehingga semua pengguna komputer dapat bersama-sama menggunakannya untuk mencetak dokumen.

CONNECTIVITY

Connectivity memiliki arti mudah terhubung dan dihubungkan.Artinya bahwa jaringan komputer memiliki sifat yang mudah untuk dihubungkan ke semua pengguna komputer (dalam hal ini ke semua komputer dan perangkat) serta pengguna komputer itu sendiri juga dapat dengan mudah terhubung ke dalam jaringan komputer yang tersedia.Untuk menciptakan hubungan ini terdapat sejumlah perangkat penghubung di dalamnya antara lain switch,modem,router,hub,perangkat wireless,smartphone dengan kemampuan Tethering, dan lain-lain.Dengan adanya sifat connectivity ini,maka jaringan komputer dapat dengan mudah dibentuk sesuai keperluan dan dalam waktu singkat  (baik intranet,internet maupun keduanya).

Sebagai contoh,sebuah smartphone saat ini sudah bisa menjadi Wifi Hotspot melalui tethering yang memanfaatkan teknologi Peer To Peer (P2P) yang merupakan salah satu bentuk teknologi dalam jaringan komputer.

RELIABILITY

Reliability artinya dapat diandalkan.Jaringan komputer dapat diandalkan berarti bahwa paket data yang dikirimkan oleh pengirim akan diterima dengan baik di sisi penerima.Keandalan yang makin tinggi dan makin baik pada jaringan komputer akan memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi para pengguna jaringan komputer.

Begitu juga pada proses transfer data,tidak ada paket data yang rusak maupun hilang.Paket harus utuh di sisi penerima sebagaimana data dikirim oleh pengirim.Prosesnya dalam jaringan komputer yaitu dilakukan pengecekan oleh protokol-protokol di dalam jaringan serta oleh pengguna jaringan komputer sendiri terhadap file digital yang ditransmisikan pada jaringan komputer.

Sekian pembahasan mengenai jaringan komputer.Semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat.Terima Kasih !

Comments

Post a Comment