Pengertian SDLC(System Develompment Life Cycle)

Jika kita ingin mengembangkan  suatu perangkat lunak,para pembuat progrm(programmer) langsung melakukan pengkodean perangkat lunak tanpa menggunakan prosedur atau tahapan pengembangan perangkat lunak.Dengan cara itu,banyak kendala yang ditemukan karena perkembangan skala sistem perangkat yang semakin besar.

SDLC(Software Development Life Cycle) adalah proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya.Seperti halnya jika pada proses memasak nasi,untuk menjadikan suatu makanan, maka ada tahap-tahap yang perlu dilalui.Sama halnya dengan membuat perangkat lunak,memiliki tahapan yang dilalui agar menghasilkan perangkat luna yang berkualitas.

Tahapan-tahapan yang ada pada SDLC secara global adalah sebagai berikut :
  • Inisiasi : tahap ini biasanya ditandai dengan pembuatan proposal proyek perangkat lunak.
  • Pengembangan konsep sistem : mendefinisikan lingkup konsep termasuk dokumen lingkup sistem,analisis manfaat biaya,manajemen rencana dan pembelajaran kemudahan sistem.
  • Perencanaan : mengembangkan rencana manajemen proyek dan dokumen perencanaan lainnya.Menyediakan dasar untuk mendapatkan sumber daya(resources) yang dibutuhkan untuk memperoleh solusi.
  • Analisis Kebutuhan : menganalisis kebutuhan pemakai sistem perangkat lunak (user) dan mengembangkan kebutuhan user.Membuat dokumen kebutuhan fungsional.
  • Desain : mengubah kebutuhan detail menjadi kebutuhan yang sudah lengkap,dokumen desain sistem fokus pada bagaimana dapat memenuhi fungsi-fungsi yang dibutuhkan.
  • Pengembangan : mengkonversi desain sistem ke sistem informasi yang lengkap,termasuk bagaimana memperoleh dan melaukan instalasi lingkungan sistem yang dibutuhkan,membuat basis data dan mempersiapkan prosedur kasus pengujian,berkas atau file pengujian,pengkodean,kompilasi,memperbaiki dan membersihkan program, dan peninjauan pengujian.
  • Integrasi dan pengujian : mendemonstrasikan sistem perangkat lunak bahwa telah memenuhi kebutuhan yang dispesifikasikan pada dokumen kebutuhan fungsional.
  • Implementasi : termasuk pada persiapan implementasi,implementasi perangkat lunak pada lingkungan produksi(pada user) dan menjalankan resolusi dari permasalahan yang teridentifikasi  dari fase integrasi dan pengujian.
  • Operasi dan pemeliharaan : mendeskripsikan pekerjaan untuk mengoperasikan dan memelihara sistem informasi pada lingkungan produksi(pada user) termasuk implementasi akhir dan masuk pada proses peninjauan.
  • Disposisi : mendeskripsikan aktifitas akhir dari pengembangan sistem dan membangun data yang sebenarnya sesuai dengan aktifitas user.

Analisis dan Desain sering dikelompokkan sebagai proses  sistem rekayasa informasi karena pada tahapan inilah informasi mengenai kebutuhan perangkat lunak banyak dikumpulkan dan diintergrasikan.Ada beberapa jenis SDLC yang dapat digunakan,semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan pada setiap jenis SDLC.Hal yang paling penting adalah mengenali tipe pelanggan dan memilih untuk menggunakan jenis SDLC yang sesuai dengan karakter pelanggan(customer) dan sesuai dengan karakter pengembang.

Sekian pembahasan mengenai SDLC.Semoga ilmu yang dibagi dapat bermanfaat bagi pembaca !Terima Kasih !

Comments